Jumat, 18 Juni 2010

Membuat Rangkaian LED berjalan dengan IC 555

    Rangkaian Led berjalan sebenarnya adalah pengembangan dari logika flip-flop yang merupakan dasar dari Rangkaian Logika Sekuensial. Rangkaian sekuensial adalah rangkaian logika yang memiliki output yang tidak tergantung pada inputnya saja tetapi juga pada outputnya juga. Selain itu juga rangkaian logika sekuensial dapat mengingat logika yang dijalankannya.
    Untuk membuat sebuah rangkaian Led Berjalan sebenarnya relative mudah. Kita hanya membutuhkan IC counter untuk melakukan pencacahan dan juga bertindak sebagai timer. Selain itu kita juga membutuhkan gerbang yang dapat dirangkaia sebagai sebuah Rangkaian logika flip-flop.
    Disini saya menggunkan sebuah IC555 yang merupakan IC counter dan sekaligus Timer yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Rangkaian penggunaan IC ini pun ada yang bersifat Monostable dan Astable. Pada rangkaian LED berjalan / Running Led ini saya menggunakan rangkaian Astable dan dikombinasikan dengan IC decode yang memilik 10 output dari keluarga IC4000. Dirangkaian Led berjalan yang akan kita buat, IC4017 akan bertindak sebagai Rangkaian Logika sekuensial.
Untuk lebih jelasnya sebaiknya kita langsung merangkai Rangkaian Led Berjalan ini. Dan kita membutuhkan komponen lainnya seperti :
- Supply tegangan 9 volt
- resistor 1KOhm dan juga 220Ohm secukupnya
- Led 8 buah
- Variabel resistor 10 Kohm
- Kapasitor Tipe Elco 100uF
- IC555
- IC4017
Dan semua komponen yang kita miliki akan  kita rangkai menjadi sebuah Rangkaian Led Berjalan.  Untuk lebih jelas lihat gambar rangkaian led berjalan / Running Led dibawah


Gambar.1 Rangkaian Led Berjalan / Running Led 8 Bit dengan IC Counter

Sedikit Penjelasan Tentang Rangkaian Led Berjalan Diatas
    Rangkaian Led Berjalan yang kita buat terdiri atas dua buah rangkaian. Yang pertama adalah rangkaian counter (rangkaian Astabel IC555) dan yang kedua adalah rangkaian logika sekuensial (IC4017). Rangkaian Counter IC555 merupakan sumber utama Clock yang akan mencacah IC4017. Jika IC4017 ini tercacah maka Kondisi selanjutanya adalah :
Led akan mulai berjalan dari Led yang paling atas dan diikuti oleh led dibawahnya dan seterusnya. Jeda antar led akan sama tergantung pada Besar nilai resistansi pada resistor variabel kecuali pada saat Led kedelapan dan akan kembali keled yang pertama akan memiliki jeda yang lebih panjang. Untuk Lama Jeda ini dapat kita ataur menggunakan Resistor Variabel. Semakin Besar nilai Resistansi pada resistor variabel maka jedanya akan semakin lama dan sebaliknya.

Sekian dari saya, Selamat Mencoba!

Referensi:
Bahan Ajar Elektronika Digital, Irmawan, MT
Galery utama Livewire 1.11 Pro



11 comments:

Poskan Komentar

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang dapat memberikan Komentar terhadap Artikel ini.

Komentar yang cerdas adalah komentar yang dapat membangun dan bermakna.

Terima Kasih!!! Salam Kenal, Andiero.