Kamis, 16 Juni 2011

Lampu Taman Otomatis

Lampu Taman
Lama tidak membuat postingan tentang rangkaian elektronika , aplikasi elektronika dan juga teknik interfacing bukan berarti mengubah tema dan bahasan blog ini. 
Untuk mempertahankan hal tersebut, Kali ini Andiero akan membagikan sebuah artikel yang cukup menarik. Mau Tahu…?

Ini adalah hasil jalan-jalan teman Andiero ke sebuah Mall di Kota Palembang. Ia melihat ada yang menjual sebuah alat elektronika yang cukup menarik, Lampu taman Otomatis. Setelah dicek ternyata lampu taman otomatis tersebut cukup sederhana dan Andiero merasa mampu membuat lampu taman otomatis sendiri seperti itu.
Pertama-tama kita kumpulkan beberapa komponen elektronika yang memiliki peran penting dalam membuat lampu taman otomatis ini. Komponen tersebut terdiri dari sebuah Mikrokontroler sebagai Pengendali lampu taman Otomatis (Saya menggunakan ATMEGA 8535), sebuah Relay 12 Volt dan yang terpenting adalah sensor yang digunakan pada aplikasi lampu taman ini, Sensor PIR (Pasif Infra Red). Untuk jelasnya, anda bisa lihat diagram blok berikut.

Gambar.1 Diagram Blok Lampu Taman Otomatis

Selanjutnya lihat gambar rangkaian lampu taman otomatis menggunakan sensor PIR berikut ini.
 
Gambar.2 Rangkaian Lampu Taman Otomatis
Dan untuk cara kerjanya dapat dilihat diagram alir lampu taman otomatis menggunakan sensor PIR berikut ini.
Gambar.3 Diagram Alir Lampu Taman Otomatis

Sedikit penjelasan mengenai cara kerja lampu taman otomatis ini.
  1. Lampu taman ini dinyalakan secara manual di malam hari. Sebatas mengalirkan listrik utama dari rumah anda.
  2. Supply tegangan dari rumah akan mengaktifkan Mikrokontroler dan juga Sensor PIR.
  3. Kondisi awal lampu taman adalah OFF sebagaimana yang anda lihat di rangkaian lampu taman diatas (Gambar.2). Lampu taman dihubungkan dengan saklar NC Relay.
  4. Sensor PIR akan mendeteksi keberadaan manusia disekitarnya.
  5. Jika ada orang di taman, sensor PIR akan memberikan input 1 ke mikrokontroler dan mikrokontroler akan mengaktifkan relay. Posisi NO akan berubah menjadi NC dan lampu taman secara otomatis akan ON.
  6. Jika tidak ada orang di taman, sensor PIR akan memberikan input 0 ke mikrokontroler dan mikrokontroler akan menon-aktifkan relay. Posisi NC akan berubah menjadi NO dan lampu taman secara otomatis akan OFF.

Untuk Pemrograman Lampu taman otomatis menggunakan sensor PIR ini bisa anda buat sendiri menggunakan bahasa C (menggunakan Codevision AVR) atau menggunakan bahasa basic (Bascom AVR). Silakan gunakan diagram alir dari lampu taman diatas sebagai panduan.


2 komentar:

  1. mantap ya mas...terpikirkan oleh saya,apabila lampu kamar mandi, lampu kamar, dan lampu lampu yg lain memakai sistem ini .penghematan listrik pasti sangat signifikan...saluuuttttt

    BalasHapus
  2. Mohon perbanyak postingan-postingannya. Good !!!!!

    BalasHapus

Need Your Comments, Please !!!