Sabtu, 09 Juli 2011

Rangkaian Counter Dengan Tampilan Seven Segment

 Bagi teman-teman Netter yang sedang mencari Contoh rangkaian Counter dengan tampilan Seven Segment, atau Rangkaian Pencacah Sederhana dengan Tampilan Seven Segment ataupun Rangkaian Penghitung Sederhana dengan Tampilan Seven Segment (sebenarnya sama saja), berikut ini Tutorial Elektronika berikan Contoh Gambar Rangkaian nya.

Sebelum kita memulai membuat rangkaian tersebut, ada baiknya jika kita mengumpulkan komponen-komponen yang kita butuhkan. Berikut ini daftar komponen yang kita butuhkan untuk membuat rangkaian counter dengan tampilan seven segment.
  1. Push Button
  2. Resistor Tetap dengan Nilai 33KOhm
  3. Kapasitor /kondensor dengan nilai 1uF
  4. IC Schmitt Trigger 40106B
  5. IC Decoder 4026B
  6. Seven Segment Common Katoda
  7. Baterai 9 Volt

Adapun Contoh Rangkaiannya adalah sebagai berikut.

Gambar Rangkaian Counter Sederhana Dengan Tampilan Sederhana

Sedikit Penjelasan mengenai Rangkaian Counter Diatas:

Rangkaian Counter dengan tampilan seven segment diatas adalah rangkaian penghitung manual menggunakan push button. Rangkaian diatas menggunakan IC Decade Counter 4026B sebagai driver dari Seven Segment Common Katoda. Dan IC Schmitt Trigger 40106B sebagai penghasil Sinyal/Pulsa yang menjadi Sumber Clock bagi IC 4026B.
Ketika kita melakukan penekanan pada Push Button SW1, maka tegangan yang masuk ke IC Schmitt trigger akan diubah menjadi Clock bagi IC decade Counter dan setiap aksi counter tersebut akan ditampilkan oleh Seven Segment.
Keberadaan Push Button pada Rangkaian diatas dapat anda gantikan dengan Sensor sebagai Penghitung Otomatisnya. Misalnya dengan Sensor Proximity atau sensor Infrared.


Mungkin sebagai catatan.
Jika anda tidak menemukkan Komponen-komponen yang anda butuhkan, seperti IC Schmitt Trigger 40106B dan IC 4026B dipasaran mungkin anda dapat menggantinya dengan IC sejenisnya seperti 74LS14 untuk Schmitt Trigger dan 74LS48 untuk Driver Seven Segment common Katoda.



5 komentar:

  1. maaf, saya ingin kejelasan. jadi, rangkaian ini tidak membutuhkan sebuah program samasekali ??

    BalasHapus
  2. sebenarnya dari gambar rangkaian sudah jelas jika yang kita gunakan cukup hardware saja mas Juanda. So nggak perlu sama sekali program apa-apa.
    Silakan mas cari juga data sheet dari masing-masing ic yang kita gunakan untuk lebih jelasnya.

    BalasHapus
  3. iyaa mas, kalo misalnya IC yang untuk seven segmen katoda commonnya diganti dengan ic 74ls48, trus ynag IC satu lagi diganti juga dengan ic alternative yang mas kasi itu jadi schematicnya gimana ?? bisa bantu saya melalui eagle ga mass.. tooloooongggg, ngebet banget. maaf agak brutal kayaknya. tapi saya mohon bantuannya, atau hubungi saya di +6283181365646. saya harapkan bantuannya mas..

    BalasHapus
  4. Mas, klo seven segment ada 2 rangkaiannya gmn? Jadi ngitung dari 1 - 99..

    BalasHapus
  5. @song : Tentu saja bisa.

    Ditambah lagi rangkaiannya.

    BalasHapus

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang dapat memberikan Komentar terhadap Artikel ini.

Komentar yang cerdas adalah komentar yang dapat membangun dan bermakna.

Terima Kasih!!! Salam Kenal, Andiero.