Sabtu, 09 Juli 2011

Rangkaian Sensor Angin || Anemometer Sederhana

Untuk Melengkapi Postingan Blog Andiero tentang Contoh Rangkaian Sensor, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Contoh Rangkaian Sensor Angin Sederhana.
Rangkaian Sensor Angin ini sangat sederhana, hanya memamfaatkan Gaya Dorong Angin yang terbilang cukup untuk mendorong benda tertentu. Benda tersebut berupa penghalang angin yang akan kita satukan dengan Push Button sebagai Sensor Anginnya.
Sensor Angin berupa Push Button akan kita letakkan pada empat penjuru mata angin yaitu Utara, Selatan, Barat dan Timur. Dan sebuah Led indikator akan kita hubungkan pada rangkaian sebagai penunjuk arah mata angin. Sehingga bentuk mekanik dari Sensor Angin atau Anemometer Sederhana yang akan kita buat lebih kurang sebagai berikut.


Gambar Mekanik Anemometer Sederhana

Sedangkan untuk Contoh rangkaian sensor angin sederhana yang akan kita buat adalah sebagai berikut.

Gambar Rangkaian Sensor Angin Sederhana

Seperti yang terlihat pada kedua gambar tersebut. Anemometer atau Sensor Angin yang akan kita buat begitu sederhana dan mudah untuk dibuat. Untuk mendapatkan hasil yang akurat terhadap arah mata angin maka penempatan Anemometer Sederhana tersebut harus diperhitungkan sedemikian rupa.
Anemometer Sederhana yang kita buat hanya memiliki kemmapuan untuk mengetahui arah mata angin saja, tidak dengan kecepatan anginnya.
Jika anda berminat untuk membuat Anemometer Digital Sederhana yang memiliki kemampuan untuk mengetahui arah mata angin dan data berupa kecepatan angin, anda dapat menggunakan Rotary Encoder beserta sensor infrarednya.
Mungkin dikesempatan lainnya akan saya bahas tentang Contoh Rangkaian Sensor Angin digital atau Anemometer Digital Sederhana menggunakan Rotary Encoder.


Sekian Tutorial Elektronika Kali ini. Semoga Bermamfaat!!!



Lihat Juga Artikel Lainnya.

0 comments:

Poskan Komentar

Hallo, Hallo!!!
Silakan tinggalkan jejak anda disini.

Terima Kasih!!! Salam Kenal, AndiSu.