Kamis, 27 Juni 2013

Rangkaian Counter dengan Dua Digit Seven Segment || Rangkaian Digital

Andiero. Ada yang bertanya tentang bagaimana Skema atau Rangkaian Counter Seven Segment untuk dua Digit jadi bisa menghitung 1 sampai 99 secara otomatis. Sebelumnya, ada baiknya jika lihat artikel berikut ini untuk lebih jelas tentang Rangkaian Digital yang akan kita bahas selanjutnya.

Untuk membuat Sendiri rangkaian counter menggunakan seven segment sebanyak dua digit, sebenarnya memiliki prinsip yang sama dengan rangkaian digital yang sebelumnya. Komponen yang dibutuhkan juga sama persis tetapi jumlahnya saja yang bertambah. Komponen-komponen elektronika yang saya maksud adalah sebagai berikut:
1. IC NE555
2. Resistor Variabel 100KOhm
3. Resistor Tetap dengan Nilai 10KOhm
4. Kapasitor/kondensor dengan nilai 100uF dan 33uF
5. Push Button
6. IC Schmitt Trigger 40106B
7. IC Decoder 4026B 2 buah
8. Seven Segment Common Katoda2 buah
9. Baterai 9 Volt

Rangkaian Counter dengan Dua Digit Seven Segment
Gambar Rangkaian Counter dengan Dua Digit Seven Segment
Rangkaian Counter diatas menggunakan IC NE555 yang berfungsi sebagai penghasil pulsa yang akan digunakan oleh IC Decade Counter 4026B sebagai sinyal Clock. IC NE555 kita buat dalam rangkaian Astable karena pada Rangkaian Astable ini kita dapat menentukan siklus high dan siklus low yang stabil sesuai dengan perubahan nilai besaran dari ketiga komponen berikut ini R1, VR1 dan C1. Karena sifat gelombang atau sinyal yang dihasilkan ini stabil maka rangkaian Astabel IC NE555 ini sering digunakan sebagai clock untuk rangkaian diatas, contohnya Rangkaian Counter Dua Digit Seven Segment diatas. Untuk Lebih Jelasnya Tentang Rangkaian Astable dan Monostable lihat di Halaman Wikipedia berikut.

Untuk Sumber Clock dari Digit kedua Seven segment diatas diambil dari IC4026B yang pertama sehingga begitu selesai melakukan perhitungan hingga ke angka Sembilan pada seven Segment pertama akan berpindah ke digit kedua.  Download Datasheet IC 4026B.

Di Rangkaian Counter Dua Digit Seven Segment diatas juga dilengkapi dengan tombol reset yang berfungsi untuk mengeset nilai dari counter kembali ke awal sehingga seven segment akan menampilkan nilai 00 kembali.

Gambar berikut ini menunjukan hasil simulasi dari Rangkaian Counter dengan Tampilan Dua Digit Seven Segment. 
Rangkaian Counter dengan Dua Digit Seven Segment
Gambar Simulasi Rangkaian Counter dengan Dua Digit Seven Segment

0 comments:

Poskan Komentar

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang dapat memberikan Komentar terhadap Artikel ini.

Komentar yang cerdas adalah komentar yang dapat membangun dan bermakna.

Terima Kasih!!! Salam Kenal, Andiero.